makalah belajar

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Mengapa anak (manusia) perlu dan harus dididik? Pertanyaan ini menuntut jawaban yang tidak berbeda dengan pertanyaan mengapa anak (manusia) harus belajar? Sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini, agaknya kita sependapat bahwa didunia ini tak ada mahkluk hidup yang sewaktu baru dilahirkan sedemikian tidak berdayanya seperti bayi manusia. Sebaliknya, tidak ada mahluk lain didunia ini yang setelah dewasa mampu menciptakan apa yang telah diciptakan manusia dewasa. Jika bayi manusia yang baru dilahirkan tidak mendapat bantuan manusia dewasa yang lain, tidak belajar, niscaya binasalah ia. Ia tidak mampu hidup sebagai manusia jika ia tidak di didik/ diajar oleh manusia. Benar bahwa bayi yang baru dilahirkan telah membawa beberapa naluri/ insting dan potensi-potensi yang diperlukan guna kelangsungan hidupnya tetapi jumlahnya terbatas sekali. Oleh karena itu deperlukan waktu untuk belajar agar proses perkembangan manusia itu dapat berjalan sempurna.
Manusia adalah makhluk sosial dan budaya, jelas kiranya, bahwa belajar sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia selalu dan senantiasa belajar kapanpun dan dimanapun dia berada.

B. RUMUSAN MASALAH
Dari larat belakang diatas maka yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas belajar ?

C. TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui faktor –faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas belajar sehingga mampu membantu para pengajar lebih efektif dalam menyampaikan pengajaran.

D. MANFAAT
1. Diharapkan dengan makalah ini, mampu memberikan masukan dan informasi kepada para pengajar agar lebih bisa memahami tentang faktor-faktor apa saja yang ikut berpengaruh dalam aktivitas belajar. Sehingga nantinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa dapat lebih efektif.

E. IMPLIKASI
Guru harus menyesuaikan dengan factor factor yang mempengaruhi peserta didik dalam belajar. Sehingga hasil pembelajaran yang diberikan akan optimal.

PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN
Setiap perbuatan belajar adalah terjadinya perubahan dalam aspek fisiologis dan psikologis. Perubahan dalam aspek fisiologis misalnya dapat berjalan, berlari, dan mengendarai kendaraan, sedangkan dalam aspek psikologis berupa diperolehnya pemahaman, pengertian tentang apa yang dipelajari, seperti pemahaman dan pengertian tentang ilmu pengetahuan, dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat.
Dalam kegiatan belajar melibatkan aspek fisiologis atau struktur yaitu otak. Dan aspek spikologis atau fungsi yaitu berfikir. Setiap kegiatan belajar diharapkan akan ada perubahan pada diri individu, seperti dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak dapat mengerjakan menjadi dapat mengerjakan.
Menurut Morgan dalam bukunya Introduction to Psyichology (1978), mengemukakan: belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Sedangkan menurut Withrington dalam buku Educational Psyichology mengemukakan belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasan, kepandaian atau suatu pengertian, (Purwanto, 2004: 84).
Dari definisi diatas dapat dikemukakan ada beberapa elemen penting yang mencirikan pengertian tentang belajar yaitu :
1. Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku.
2. Belajar suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman.
3. Untuk dapat disebut belajar, maka perubahan itu harus relatif mantap.

B. PRISIP-PRINSIP BELAJAR
1. Kematangan jasmani dan rohani
Salah satu prinsip utama belajar adalah harus mencapai kematangan jasmani yaitu telah sampai pada batas minimal umur serta kondisi fisiknya telah cukup kuat untuk melakukan kegiatan belajar, dan kematangan rohani artinya telah memiliki kemampuan secara psikologis
2. Memiliki kesiapan
Kegiatan belajar harus memiliki kesiapan yakni kemampuan yang cukup baik fisik, mental, memiliki minat dan motivasiyang cukup untuk melalukan kegiatan belajar.
3. Memahami tujuan.
Setiap orang yang belajar harus memahami apa tujuannya, kemana arah tujuan itu dan apa manfaat bagi dirinya.
4. Memiliki kesungguhan
Belajar tanpa kesungguhan akan memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Sebaliknya belajar dengan sungguh-sungguh serta tekun akan memperoleh hasil yang maksimal dan penggunaan waktu yang lebih efektif.
5. Ulangan dan latihan
Sesuatu yang dipelajari perlu diulang agar meresap dalam otak, sehingga dikuasai sepenuhnya dan sukar dilupakan.

C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BELAJAR
Terdapat tiga persoalan dalam setiap kegiatan belajar. Kegiatan belajar adalah suatu sistem yang terdiri dari input, process, dan output.
a. Input. Berupa subjek belajar, sasaran belajar, atau individu itu sendiri yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam.
b. Process. Didalam proses belajar terjadi interaksi timbal balik dari berbagai faktor yaitu subjek belajar, peserta didik, pengajar atau fasilitator (guru, dosen, atau pembimbing), metode, alat bantu belajar mengajar (ABBM), dan materi atau bahan yang dipelajari.
c. Output. Keluaran berupa hasil belajar yang terdiri dari kemampuan baru atau perubahan baru pada diri subjek belajar.

Bagan Proses Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi
Sumber : purwanto. (tahun 1990:20).
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar juga dapat dikelompokkan menjadi faktor
Internal dan eksternal.
1. Faktor Internal atau Endogen
faktor ini berasal dari dalam diri individu, terdiri dari;
a. Faktor fisiologi; kematangan fisik; fisik yang sudah matang atau siap untuk belajar akan mempermudah dan memperlancar proses belajar atau sebaliknya.
Keadaan indra ; keadaan indra yang sehat atau normal,terutama penglihatan dan pendengaranakan memperlancar proses belajar atau sebaliknya.
Keadaan kesehatan; kondisi yang tidak sehat termasuk kecacatan ataupun kelemahan, misalnya kurang gizi, sakit sakitan, kurang vitamin, ganguan bicara, atau cacat badan lain, akan menjadi kendala dan menghambat proses bejajar.
b. Faktor psikologis;
Motivasi; belajar yang dilandasi motivasi yang kuatdan berasal dari dalam diri individuakan memperlancar proses belajar mengajar.
Emosi; emosi yang stabil, terkendali, dan tidak emosional akan mendukung proses belajar.
Sikap; sikap negatif terhadap mata pelajaran, fasilitator, kondisi fisik, dan dalam menerima pelajaran, dapat menghambat proses belajar.
Minat; bahan ajar yang menarik akan mampermudah individu untuk mempelajari sebaik-baiknya.
Intelegensi; faktor intelegensi sangat besar pengaruhnya dalam proses dan kemajuan belajar individu.
Minat; seseorang yang tidak berbakat pada bidang tertentu apabila memasuki jurusan yang tidak sesuai bakatnya akan menimbulkan hambatan dalam proses belajar
Kreativitas; individu yang memiliki kreativitas ada usaha untukmemperbaiki kegagalan sehingga akan merasa aman bila menghadapi pelajaran.

2. Faktor Eksternal Atau Eksogen
a. Faktor sosial,yaitu faktor ada manusia lain yang berada diluar diri subjek yang
Sedang belajar.
Orang tua ; orang tua yang mampu mendidik dengan baik, mampu berkumunikasi dengan baik, penuh perhatian, tahu kebutuhan dan kesulitan yang dihadapi anak, akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar anak.
Manusia yang hadir; manusia yang hadiar pada saat seseorang sedang belajar dapat menganggu proses belajar, misalnya; suasana yang gaduh, berisik.
Bukan manusia yang hadir; dapat berupa film, video, VCD, atau kaset yang diputar sehingga dapat menganggu individu yang sedang belajar.
b. Faktor non sosial.
• Alat bantu belajar mengajar ( ABBM) yang lengkap akan membantu proses belajar.
• Metode mengajar yang memadai akan membantu proses belajar.
• Faktor udara, cuaca, waktu, tempat, sarana, dan prasarana dapat mempengaruhi belajar.

TEORI-TEORI PSIKOLOGI BELAJAR
Dalam masa perkembangan psikologi pendidikan muncullah beberapa aliran psilologi
Pendidikanyaitu;
• Psikologi behavioristik; para psikolog behavioristik sering disebut contempory behaviorists, mereka berpendapat,bahwa tingkah laku manusia itu dikendalikan oleh ganjaran (reward) atau penguatan (reinforcement) da
Dari lingkungan.
• Psikologi kognitif; bahwatingkah laku seseorangtidak hanya dikontrol oleh reward dan reinforcement,tapi lebih didasarkan pada kognisi yaitu tindakan mengenalatau memikirkan situasidimana tingkah laku ituterjadi
• Psikologis humanistis; perhatian psikologis humanistik terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman mereka sendiri.

PENUTUP

A. Kesimpulan;
Belajar merupakan kegiatan yang mengharapkan perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung,dan balajar dilakulan secara terus menerus berkesinambungan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi belajar yaitu faktor internal yaitu faktor yang datang dari dalam diri seseorang dan faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri seseorang.

B. Saran;
• Bagi tenaga pendidik; setelah mengetahui apa itu belajar dan proses belajar. Diharapkan dapat memahami karakter anak didik .
• Bagi kelompok belajar; agar dapat menjadi informasi dan sumber belajar yang berguna untuk kami terapkan ditempat tugas kami masing-masing.

DAFTAR PUSTAKA

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.

http://www.psikologi pendidikan. (update tgl 14 juli 2011)

MAKALAH

BELAJAR

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Psikologi
Dosen Pengampuh : Prof. Dr. H. Fuad Abd Rahman, M.Pd.
Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si.

Disusun Oleh:
Fitriani
Faisal Riza
Marwijah

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
PROGRAM STUDI S-2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PALEMBANG
2011

2 responses »

  1. Belajar suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman saya sependapat untuk hal yang satu ini pak….

    salam hangat dari anak didik bapak di SMU Muhammadiyah 2 Dahulu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s